Kamis, 15 September 2011

TEMU KANGEN 2011

Tempel, September 2011 - Lebaran merupakan suatu moment yang sangat istimewa. Terlebih bagi umat muslim khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Lebaran merupakan suatu moment untuk meningkatkan suatu tali silaturahmi baik antar keluarga, saudara maupun teman.



Silaturahmi dengan teman terlebih lagi teman sekolah yang notabene sudah lama tidak lama bertemu tentu merupakan suatu kesempatan yang sangat ditunggu dan tentunya sangat berkesan. Hal yang pertama dikatakan tentu "apa kabar". Tentu kata tersebut mempunyai makna yang sangat dalam oleh karena tentu entah berapa lama diantara teman-teman tidak pernah dengar atau mengetahui kabar satu teman dengan teman yang lainnya.

Menjadi sebuah trend dan banyak dijumpai dijawa, terutama di jogja adanya kegiatan Syawalan Trah antar keluarga, kemudian Syawalan Kampung dan tak kalah adalah Syawalan alumni sekolah. Untuk Syawalan Trah dan Syawalan Kampung mungkin kesannya akan monoton begitu-begitu saja. Tapi untuk yang Syawalan Alumni Sekolah yang umumnya merubah judul menjadi Temu Kangen atau Reuni Alumni Sekolah "A" tentu mempunyai kesan dan cerita yang tiba-tiba muncul begitu saja.

Demikian halnya dengan Temu Kangen yang diadakan oleh Alumni SMKN 1 Tempel awal bulan ini. Mungkin tidak hanya satu angkatan atau satu kelas saja yang mengadakan acara serupa. Tercatat ada 4 kegiatan Reuni / Temu Kangen yang diadakan oleh Alumni SMEA / SMKN Tempel baik itu dalam lingkup satu kelas ataupun lingkup semua angkatan. Sebagai contoh di RM Lembah Ngosit tercatat dua event Reuni / Temu Kangen yang diadakan oleh para alumni SMK N Tempel. Yakni lulusan tahun 1990 dan Untuk semua angkatan. Ada juga temu kangen yg diadakan oleh kelas dan angkatan tertentu seperti misal di Soko dan di Pandowoharjo.

Dari lingkup reuni / temu kangen memang beda-beda misinya, namun masih tetap sama visinya yaitu silaturahmi antar sesama alumni SMKN Tempel. Dan suatu fenomena yang patut diacungi jempol bila setiap kelas ataupun setiap angkatan mampu mengadakan atau menggelar reuni / temu kangen. Sehingga dari beberapa reuni / temu kangen beberapa kelas atau beberapa angkatan tersebut mampu menjembatani adanya reuni akbar.

Bila mendengar reuni akbar, kesan pertama pasti wah besar dan banyak yang datang dan ada unsur-unsur yang mempengaruhi para alumni untuk datang maupun untuk tidak datang. Yang jelas kita semua sebagai alumni SMEA / SMK N Tempel harus mempunyai pandangan yang sama terhadap visi maupun misi dari Reuni tersebut. Ini yang sekarang ini sedang diupayakan oleh panitia Temu Kangen SMKN Tempel yang diadakan pada tanggal 4 September 2011 yang lalu di RM Lembah Ngosit, Tempel.

Seperti pada temu kangen sebelumnya di RM Tirta Arta Denggung, panitia mencoba mencari suatu formula agar acara Temu kangen atau semacamnya bisa memberikan dampak positif terhadap jalinan tali silaturahmi antar alumni. Hal yang perlu ditanamkan dalam hati setiap alumni adalah kita semua pernah mengenyam bangku sekolah ditempat yang sama dan mungkin diasuh oleh guru yang sama, memiliki kenakalan remaja yang sama dan mendapatkan ilmu yang sama.

Kita tak perlu malu untuk datang atau berbaur dengan teman-teman alumni yang lain angkatan, lain jurusan maupun lain kelas. Tak usah kita memandang status sosial apa sekarang yang kita sandang, tapi yang jelas kita punya status yang sama sebagai alumni SMEA atau SMK Negeri Tempel. Kita masing-masing boleh bercerita tentang kenakalan kita, kita bisa bercerita si A dulu naksir siapa, atau boleh ambil contoh bahwa saya dulu paling takut nyontek, tapi setelah belajar 2 tahun ternyata jadi paling jago dalam hal nyontek. Tapi kalo pelajaran akuntansi yg musti bikin laporan keuangan gimana mo nyonteknya.

Tidak ada komentar: